About

Untuk Para Alumni...Ramaikan...Hadirilah ..Pentas Seni OSIS SMAN 13 yang akan dilaksanakan pada 17 September 2016 di Tunjungan Convention Centre Surabaya..

Saturday 5 January 2013

Hapus pesimis dapat pekerjaan

Ketika sudah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan yang penuh perjuangan memang pantas untuk bersyukur apalagi dengan nilai yang bagus.
Banyak diantara mereka tidak tahu harus kemana, sebab mereka tidak mempersiapkan diri sejak awal, seringkali mereka berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas dan mendapat nilai ujian bagus.

Pernah mendengar istilah hard skill dan soft skill ? Hard skill adalah keahlian yang dimiliki seseorang yang berkaitan dengan bidang ilmu pengetahuan yang ditempuh, jadi seandainya anda lulus dari fakultas ekonomi dengan jurusan managemen ilmu itu harus betul-betul anda kuasai. Tanpa syarat !
dengan nilai bagus, seharusnya menjadi indikator hard skill anda bagus.
Sedangkan soft skill yaitu keahlian yang berkaitan dengan cara seseorang bekerja secara efektif melampaui keadaan bahkan mengatasi hambatan. contohnya adalah motivasi,sikap daya juang,optimisme,percaya diri, semangat,pantang menyerah.

Empati serta kemampuan menjalin kerja sama seringkali soft skill tidak dipelajari dibangku sekolah, tetapi dilapangan justru keahlian inilah yang sangat berperan terhadap prestasi seseorang.
Hard dan soft skill harus and persiapkan untuk menghadapi dunia kerja, biasanya di perguruan tinggi ada semacam pusat pelatihan untuk menyiapkan alumnusnya memasuki dunia kerja.
Banyak referensi yang didapat baik dari media maupun dari teman-teman, bagaimana dunia kerja,bagaimana membuat lamaran pekerjaan,menghadapi wawancara dan sebagainya. Kalau tidak ada, anda bisa membaca buku-buku tentang persiapan karir. Cari  juga kemungkinan-kemungkinan lowongan pekerjaan yang ada di kampus-kampus lain. hal seperti ini bisa diakses di situs universitas.

Hati-hati bila mencari pekerjaan melalui internet, jalinlah komunikasi dan bersosialisasilah dengan banyak orang, bisa jadi kita mendapatkan pekerjaan dari teman. Gali,kembangkan dan tingkatkan potensi diri. Hobi anda bisa menjadi pekerjaan. Jangan berkecil hati berada didaerah. Siapapun berhak sukses, terus belajar pantang menyerah.


 dari berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment