About

Untuk Para Alumni...Ramaikan...Hadirilah ..Pentas Seni OSIS SMAN 13 yang akan dilaksanakan pada 17 September 2016 di Tunjungan Convention Centre Surabaya..

Tuesday 22 January 2013

Media Sosial dan interaksi sosial serta kecemasan

Dijaman yang seba cepat dan serba teknologi canggih sudah menjadi keadaan yang umum dan biasa, segala urusan sangat mudah bahkan kita tidak perlu melangkah untuk suatu urusan.
Banyak teknologi masa kini yang sudah dilengkapi fitur-fitur yang serasa bisa dijalankan dengan satu perintah, tidak perlu repot-repot untuk kesana-kemari semuanya sudah terintegrasi dengan sempurna.

Begitupun juga hal pertemanan - persahabatan mengalami perkembangan yang pesat,tidak ada batas pertemanan, tidak ada jarak yang menghalangi, semuanya dibuat mudah dan simple. kita tidak perlu bersusah-susah ke kantor pos untuk mengirim surat ke sahabat, kita tidak perlu direpotkan untuk membeli perangko juga tidak menempuh jarak yang jauh hanya sekedar untuk membeli kertas surat dan amplop.
Sekali lagi semuanya di permudah - kita bisa berkomunikasi dengan teman di ujung dunia tanpa melakukan perjalanan jauh, kita bisa berinteraksi tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar, kita bisa bercakap-cakap secara real time bahkan dengan fasilitas teleconference kita bisa tahu aktifitas dan gerak secara langsung.
Sehingga kita menjadi terlena karena semua fasilitas yang disediakan bisa kita manfaatkan secara maksimal bahkan sampai dijadikan dewa.

Layanan media sosial bermakna sisi mata uang yang sama, di sisi lain kegiatan media sosial merupakan jurus ampuh untuk bisa menggaet sahabat / teman dari berbagai status,jarak dan kepribadian. dengan semakin kita memakai media sosial maka pertemanan akan semakin banyak dan menyenangkan,kita bisa selalu berinteraksi walaupun tidak face to face tapi itu sudah merefleksikan keinginan-keinginan kita dalam ber teman.
Menurut sebuah studi, remaja zaman sekarang lebih banyak yang mengembangkan
kecemasan dan stres daripada orang tuanya dulu saat berada pada usia yang sama. Hal ini disebabkan karena semakin berkembangnya zaman, akan lebih banyak masalah yang lebih kompleks.

Sisi yang lainnya dengan dibuainya kesenangan yang melekat pada media sosial semakin kita jauh dari realitas kehidupan yang sesungguhnya,sehingga permasalahan-permasalahan yang sebenarnya bisa diatasi secara dini akhirnya berlarut-larut dan menjadikan sebuah permasalahan baru.
Namun gangguan kecemasan pada remaja juga dapat disebabkan oleh berbagai masalah seperti kondisi ekonomi keluarga yang buruk, orangtua yang bercerai, ekspos terhadap media sosial, serta beberapa isu yang berkembang di masyarakat seperti seperti prediksi kematian, penyakit dan lain sebagainya.
Komunikasi menjadi barang langka, begitu ada masalah mengadunya pada jejaring sosial,update status sehingga dapat menimbulkan ketidak harmonisan baik dikeluarga,masyarakat dan lingkungan sekitar.

Akibat ketidak harmonisan akhirnya memicu antara lain kecemasan, dan kecemasan inilah akhirnya mempengaruhi daya pikir seseorang.
Sementara itu, bukan hanya remaja dari keluarga yang berpenghasilan rendah saja yang lebih rentan mengalami gangguan kecemasan. Para ahli juga menemukan adanya peningkatan gangguan kecemasan pada remaja dari keluarga kaya.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada gadis-gadis dari keluarga berada, kebanyakan mengaku bahwa dirinya selalu khawatir dan mencemaskan apakah telah mengenakan pakaian terbaik atau apakah dirinya telah cukup populer di lingkungan sekolah karena kekayaan orang tuanya..

No comments:

Post a Comment