About

Untuk Para Alumni...Ramaikan...Hadirilah ..Pentas Seni OSIS SMAN 13 yang akan dilaksanakan pada 17 September 2016 di Tunjungan Convention Centre Surabaya..

Thursday 3 January 2013

Ikatan Alumni SMAN 13 Surabaya

Diberbagai sekolah atau lembaga pendidikan di seluruh dunia hampir dipastikan mempunyai perkumpulan dari pada lulusan yang dihasilkan, lulusan-lulusan tersebut biasanya tersebar di tempat-tempat yang berbeda satu dengan yang lain.
Dari para lulusan sekolah entah itu dari SD hingga Perguruan Tinggi selalu mempunyai ikatan bathin diantara mereka, itu pasti karena itu manusiawi - kita mempunyai teman dari berbagai kalangan,tempat untuk bermain, curhat bahkan kerjasama di pelajaran sampai pacaran merupakan cerita tersendiri yang tak mudah dilupakan sampai di akhir jaman.
Itulah uniknya dari pertemanan dikala kita masih disekolah, baik suka maupun duka akan tergambar dengan jelas, betapa kenangan di sekolah selalu meimbulkan rasa keinginan untuk mengulang dan mengulang peristiwa yang telah memberikan imajinasi-imajinasi yang timbul dengan sendirinya ketika berada disekolah.

Ketika para lulusan sudah menyebar kemana-mana seiring dengan kehidupan yang menopang sendi ekonomi masing-masing maka pertemanan dalam pertemuan akhirnya selalu terlewati dan itu merupakan peristiwa yang nyata bahwasanya membina keluarga masing-masing bersama dengan kehidupan ekonomi yang tidak bisa dipisahkan. masing-masing keluarga mempunyai jalan kehidupan yang bermacam-macam mulai dari kegiatan dari penghasilan ekonomi yang rendah sampai penghasilan ekonomi yang kuat - status kehidupan yang biasa-biasa saja sampai dengan status kehidupan yang mewah - semuanya mempunyai jalan dan cara masing-masing untuk mencapainya.

Akan lebih bijaksana lagi apalagi para alumni memberikan kepedulian kepada sesama alumni yang perlu dibantu dan tidak hanya sekedar membantu saja tetapi diberikan pula semacam advokasi atau tuntunan dalam meraih masa depan yang lebih baik dalam keluarganya.
Begitu pula dengan alumni SMAN 13 Surabaya yang telah berjumlah sekian ribu dan tersebar di pelosok Indonesia semestinya sudah memikirkan dan membentuk wadah bagi para alumninya, sudah saatnya para alumni SMAN 13 Surabaya berkiprah terhadap masyarakat sekitar dan masyarakat yang lebih luas lagi.
Sudah saatnya para alumni memberikan kesempatan kepada adik-adik kelas kita untuk lebih peduli lagi - sudah saatnya para alumni untuk mensinkronkan kapabel terhadap setiap langkah. - sudah saatnya para alumni mempunyai komitmen untuk lebih meningkatkan citra dan mutu sekolah.

Pihak sekolah sendiri yang diwakili oleh Kepala Sekolah SMAN 13 Surabaya - pada awal Nopember 2012 -  pernah mengungkapkan keinginan atau pengharapan yang besar atas terbentuknya Ikatan Alumni ini, dengan terbentuknya ikatan alumni - sekolah bisa merealisasi RSBI yang salah satu syaratnya adalah sudah ada Ikatan alumni, Sekolah sendiri sudah welcome sekali dan menunggu peran serta dari para lulusannya.

Dalam perkembangannya pembentukan alumni sendiri dirasa masih perlu disosialisasikan kepada para alumni SMAN 13 Surabaya dikarenakan masih adanya pemikiran yang kurang atau belum tahu sama sekali terhadap pembentukan IKA ini. Direncanakan IKA ini akan berbadan hukum dan mempunyai pengurus dalam menjalankan aktivitasnya, sehingga dengan demikian segala aktivitas kegiatan bisa berjalan sesuai yang digariskan dalam AD/ART.
Memang selama ini kita belum pernah study banding ke sekolah lain yang telah mempunyai IKA - bentuk atau model mana yang nantinya bisa mengakomodir keinginan dari pihak alumni dan sekolah..
Ada plus dan minus dalam pembentukan ini namun semangat untuk segera merealisasikan hal tersebut sangatlah kuat. secara realitas kita belum bisa memprediksi apa-apa yang bisa dilakukan kelak terbentuknya IKA ini namun gambaran dalam pemikiran sudah bisa untuk dicapai.

Segala usulan dan pendapat sudah dilakukan - pooling dari beberapa angkatan dengan komitmen  melaksanakan untuk mewujudkan hal tersebut namun greget dan kegigihan belumlah nampak secara signifikan sehingga hasil pooling yang terkumpul belumlah memuaskan pada tingkat komitmen.
Advokasi dan gambaran telah dilakukan diberbagai elemen baik dari Notaris,Pengacara dan para akademisi guna  mencari formula dan pijakan yang tepat sasaran dan berdaya guna.


Diharapkan pada takaran hal tersebut bisalah untuk menjadikan suatu momentum yang mengarah pada satu keputusan yang absolut yaitu terwujudnya IKA dengan waktu tidak terlalu lama.

1 comment:

  1. perlu disosialisasikan kepada para alumni SMAN 13 agar supaya tujuan dan komitmen bisa berjalan....
    semoga saja cepat terbentuk

    ReplyDelete